http://sejarah10-usk.blogspot.com/

Kamis, 29 Desember 2011

ACEH PORTUGIS DI SELAT MALAKA PADA SULTAN ISKANDAR MUDA ABAD KE-17

ACEH PORTUGIS DI SELAT MALAKA PADA SULTAN ISKANDAR MUDA ABAD KE-17


Di

S
U
S
U
N

Oleh:




Nama : Nim
Armizani 1006101050006
Erni Gustina 1006101050004
















FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSIITAS SYIAH KUALA
DARUSSALAM BANDA ACEH

2011

















Kata Pengantar

Puji syukur panjatkan ke hadirat Allah swt, karna berkat rahmadnya kami bisa menyelesaikan makalah yang berjudul konflik aceh portogis di selat malaka pada masa sultan iskandar muda abad ke-17. makaalah ini di ajukan guna memenuhi tugas mata kuliah sejarah aceh, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehinga makalah ini dapat di selesaikan tepat pada waktunya, makalah ini maasih jauh dari sempurna, oleh kaarena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersipat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermartabat untuk pengebangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua













































Daftar isi




HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI


A. LATAR BELAKANG GAMBAR
1. Perlawanan rakyat malaka terhadap portugis
2. Perlawanan Rakyat Aceh terhadap portugis

a. Perlawanan Aceh dengan portugis
b. Akhir dari perang Aceh dengan portugis




B. RUMUSAN MASALAH
1. Latar belakang yang menyebabkan portugis mundur
2. Apakah setelah Aceh berhasil menyerang Portugis Aceh juga menyerang Johor



C. RINGKASAN

































KONFLIK ACEH PORTUGIS DI SELAT MALAKA PADA MASA SULTAN ISKANDAR MUDA ABAD KE 17



A. LATAR BELAKANG

Masa setahun sejak Sultan Ali Wayat Syah naik tahta terhadap suasana yang tenteram dalam kerajaan Aceh. Saudaranya, sultan Husin yang memerintah dipedir, upanya telah tidak dapat merendam kan keresahan yang timbbul di kalangan penduduk, perkembangan buruk telah di baca oleh Husin. Dan timbulah cek-cok antara ke dua saudara tersebut

Rasa tidak puas pada sultan muda ( atau sultan Ali R ayat Syah) tersebut di perlihat kan juga oleh Iskandar Muda yang waktu itu masih kenal bernama Perkasa Alam

Sikap Perkasa Muda yang masih remaja di pandang mengangu ketertiban oleh Sultan Ali Ri ayat Syah, yang sudah siap untuk menangkapnya, karna tau lebih dahulu renjana tersebut perkasa alam menyingkir ke pidir, minta perlindungan pada pamannya,, Sultan Husin,, lalu terbit amarah Sultan Ali dikirimnya ekspendesi menyerang pedir, hasilnya Perkasa Alam dapat di tangkap dan di penjarakan karna memang Sultan Ali tidak becus memerintah, tidak sangup mengamankan keadaan, perampokan dan pemerasan menjadi jadi masa itu gahath ( bahaya kelaparan ) dan banyak manusia mati pada saat itu,, suasana labil ini terdengar oleh portugis, bangsa portugis menyatakan bahwa adanya kesempatan baik untuk memukul aceh,, bukankah kerajaan yang letaknya di ujung Sumatra itu serupa duri di matanya ? setelah setahun kemudian, dalam Bulan Juni 1606 , Armada portugis di bawah pimpinan Martin Affonso de castro, melancarkan serangan gencar terhadap Aceh,, Aceh menghadapi perlawanan itu tapi tidak berhasil bahkan benteng Aceh berhasil di rebut portugis

Dari penjara, Perkasa Alam melihat bahaya-bahaya itu dia mengirimkan pesan( Surat) ke pada Sultan bahwa kiranya jika ia di lepaskan dari penjara dan di beri senjata,, dia berjanji akan mengusir portugis, permintaan Perkasa Alam di penuhi oleh pamannya Sultan Husin, dan Perkasa Alam memang melawan portugis dengan mati-matian, sekitar tiga ratus serdadu portugis mati konyol akibat serangan dahsyat Perkasa Alam,, Benteng yang sudah diduduki olehh portuugis di rebut kembali oleh Perkasa Alam setelah di serbu dengan suatu serangan tentara gajah yang dahsyat di bawah komando Perkasa Alam sendiri melihat malapetaka sudah datang, maka portugis yang masih tinggal di kapalnya lalu lari menuju malaka, di tengah jalan mereka terpergok oleh armada Belanda,m lalu mereka di pukul dan hanjur.

Mengenai benteng yang di serang oleh Perkasa Alam dapat di jelaskan bahwa benteng yang di maksud adalah benteng kuta Lubok, letaknya di Krung Lam Reh dekat Krueng Raja.

Bekas-bekasnya masih masih bisa di jumpai, Ferendrick de houtman (Belanda yang pernah terkuruung 2 tahun di Aceh ) memberitakan portugis ketika ia datang dari portugis 15 November 1600 dan meminta kesempatan memamfaatkan benteng “ Kuta Lubok “ yang ada di Krueng Lam Reh, di kuala Aceh dengan imbalan Sultan di Bantu merebut Johor.

Dalam penyerangan Decastro penaklukan seluruh Aceh akan di lakukan dari benteng yang baru di dudukinya itu, tapi ternyata terjadi sebaliknya dengan serbuan hebat dari tentara gajah yang di pimpin oleh Perkasa Alam sendiri dan berhasilah benteng itu di rebut oleh Aceh kembali bukan sekedar perebutan benteng saja tapi juga seluruh sisa-sisa portugis terhapus dari Aceh. Dengan sukses ini segera menonjol keperkasaanya yang mengemparkan itu.

Suasana Abad ke 17 telah mendarang orang untuk berpilsapat “ murah “ siapa kuat mengambang siapa tengelam. Masa itu sudah tiga bangsa ogreser yang munjul di perairan Indonesia yakni Portugis, belanda ingris dan beberapa tahun kemudian muncul pula ke empat yakni Prancis, apabila semuanya itu tidak di hadapi dengan kesunguhan, keberanian bahkan juga kekuatan, maka tidak mungkinkan bisa hidup bakal di tekan oleh suatu bangsa Eropah.

Karena itu dan cara-cara Sultan Iskandar Muda berjuang, dapatlah di lihat mengandung program pengluasan wilayahnya itu lebih kurang seperti berikut
A. menguasai seluruh negri dan pelabuhan di sebelah selat Malaka dan menetapkan terjaminnya kemasukan “Denche et Impara “ oleh penjajah Barat, usaha ini di jaalan kan dengan cara mufakat dan kalau tidak tercapai dengan jalan drastis
B. Memukul Johor, supaya tidak lagi dapat di tunggangi oleh portugis dan Belanda
C. Memukul negri-negeri di sebelah timur Malaya, sejaarah yang merugikaan pedagang Aceh dan usahanya untuk mencaapai kemenangan dari musuh, seperti Pahang, Patani dan lain-lain
D. Memukul portugis dan merampas malaka
E. Menaikan haarga pasaran hasil bumi untuk ekspor dengan jalan memusatkan pelabuhan sammudra kesatu pelabuhan di Aceh, sedikit dikitnya mengadakan pengawasan yang sempurna sehinga kepentingan kerajaan tidak di inginkan




(1) Perlawanan rakyat Malaka terhadap portugispada tahun 1511, armada portugis yang di pimpin oleh Albuquerque menyerang kerajaan Malaka untuk menyerang Colonial Portugis di Malaaka yang terjadi pada tahun 1513 mengalami kegagalan karena kekuatan dan persenjataan portugis lebih kuat, pada tahun 1527, armada demak di bawaah pimpinan pelatihan dapat mengusai Banten, Suda kelapa, dan Cirebon kemudian menganti nama sunda kelapa menjadi jokyakarta ( Jakarta ).
(2) Perlawanan rakyat Aceh terhadap portugis
Mulai tahun 1554 hingga tahun 1555, upaya portugis tersebut gagal karena portugis mendapan perlawanan keras dari Aceh pada saat Sultan Is Muda berkuasa,Kerajaan Aceh pernah menyerang potugis di malaka pada tahun 1615 dan 1624.


(A) Perlawnan Aceh dengan portugis
Keberhasilan dalam mempertahankan diri menjadikan Aceh menyusun rencana untuk mengusir portugis dari malaka, begitu juga dengan portugis yang mulai tergangngu dengankebesarn kerajaan Aceh, akhirnya meletuskan kerjaan Aceh dengan Portugis. Pertempuran pertama yaitu Aceh menyerang portugis di malaka pada tahun 1547 Aceh berhasil memporak porandakan portugia di malaka tetapi tidak berhasil menguasai malaka karena benteng portugis yang begitu kokoh dan susah dihanjurkan yang bernama benteng Simao de melio.


(B) Akhir dari perang Aceh dan Portugis
Setelah Aceh mengalami kekelahan perang yang betkali-kali membuat Aceh tidak mempunyai pengaruh lagi di perdagan dan pengaruh di kerjaan di tanah melayu dan membuat portugis semakin besar, walaupun Aceh kalah perang dengan portugis tapi Aceh tidak bisa di kuasai oleh portugis.








B. RUMUSAN MASALAH

a. latar belakang apakah yang menyebabkan portugis mundur ke perlhaak
jawab:
Yang menyebabkan portugis mundur adalah usaha yang menghayat Syah untuk menghancurkan kerajaan kerajaan kecil yang berada di tangan portugis, dan portugis yang kualahan menghadapii seraangan Aceh dan aakhirnya Portugis mundur ke Perlhak


b. Apakaah setelah Aceh berhasil menyingkirkan Portugis, Aceh juga menaklukan Johor
Jawab:
Ia Aceh menaklukan Johor Pahang dan Pattani, dengan keberhasilan serangan ini wilayah kerajaan Aceh hampir mencakup Aceh Darussalam.




C. RINGKASAN

Kesultanan Aceh mengalami masa keemasan pada masa kepemimpinan Sultan Iskandar Muda ( 1607-1636 ). Pada masa kepemimpinan,Aceh telah berhasil memukul mundur kekuatan portugis dari selat malaka.
Keberhasilan dalam mempertahankan diri menjadikan Aceh menyusun rencana untuk mengusir portugis dari malaka, begitu juga dengan portugis yang mulai tergangngu dengan kebesaran kerajaan Aceh,akhirnya meletuslah perang Aceh dengan portugis.
Sejarah mencatat bahwa,usaha Mughayat Syah untuk mengusir portugis dari
Seluruh bumi Aceh dengan menakluka kerejaan kerajaan kecil yang sudah berada di tangan portugis berjalan lancar. Secara berurutan ,portugis yang berada di daerah Daya ia gembur dan berhasil ia kalahkan. Kemenangan yang berturur turut ini membawa ke untungan yang luar biasa teurtama dalam aspek persenjataan. Portugis yang kewalahan menghadapi serangan Aceh banyak meninggalkan persenjatan, karena memang tidak sempat mereka bawa dalam gerakan mundur pasukan. Senjata senjata inilah yang di gunakan kembali oleh pasukan Mughayat Syah untuk menggupur portugis.
Ketika benteng di pasai telah di kuasai Aceh,portugis mundur ke peurlhak. Namun Mughayat Syah tidak memberikan kesempatan sama sekali pada portugis. Peurlhak juga di serang, sehingga portugis mundur ke Aru. Tak berapa lama, Aru juga berhasil di rebut oleh Aceh hingga akhirnya portugis mundur ke malaka.
















DAFTAR PUSTAKA


Melayu Online
Masa Iskandar Muda, Aceh Sepanjang Abad

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus